40 Karang Taruna Kecamatan Terima Bantuan Komputer

0
544

kr bantuan komputer

SUMBER, (CNC).- Sebanyak 40 Karang Taruna Kecamatan se-Kabupaten Cirebon menerima bantuan berupa seperangkat komputer dan printer dari Dinas Sosial Kabupaten Cirebon. Bantuan diberikan usai pembukaan bimbingan sosial yang berlangsung di UPT Pusat Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) atau eks Kawedanan Sindanglaut Kecamatan Lemahabang, Rabu (3/7).

Hadir dalam acara tersebut Kepala Bidang Sosial, H. Deden Epi Saepina, Ketua Karang Taruna Kabupaten Cirebon, Raji Supriyadi, Majelis Pertimbangan Karang Taruna Kabupaten Cirebon, H. Diding Karyadi, Abdul Roup dan Joni Krisnandar.

Kepala Dinsos Kabupaten Cirebon, H. Dadang Tresnayadi, dalam sambutannya mengatakan, Karang Taruna merupakan salah satu mitra kerja Dinas Sosial dalam rangka ikut menanggulangi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) khususnya di kalangan generasi muda di Kabupaten Cirebon. “Permasalahan sosial di Kabupaten Cirebon cukup kompleks, selain kualitasnya juga jumlahnya terus mengalami peningkatan. Oleh karena itu perlu ada peningkatan peran dan upaya dari segenap Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS), salah satunya Karang Taruna yang berada di desa maupun kelurahan,” jelas Dadang.

Pihaknya berharap agar bantuan yang diberikan pemerintah ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk membantu peningkatan peran dan fungsi Karang Taruna khususna di tingkat kecamatan.

Sementara itu, Kepala Seksi Pemberdayaan Partisipasi Masyarakat Dinsos Kabupaten Cirebon, Happy Susiani, mengatakan, dalam kegiatan bimbingan sosial ini selain diikuti oleh 40 pengurus karang taruna kecamatan, juga diikuti 50 orang anggota pengurus karang taruna penerima UEP cuci motor dan 30 orang anggota karang taruna penerima UEP ternak domba.

“Maksud dan tujuan bimbingan sosial dan pemberian bantuan adalah meningkatnya peran dan fungsi karang taruna sebagai PSKS dan mitra pemerintah dalam menangani PMKS serta tumbuhnya kreativitas dan jiwa wirausaha pengurus dan anggota karang taruna dalam mengembangkan organisasi melalui usaha ekonomi produktif,” ujar Happy.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Cirebon, Raji Supriyadi, sangat berterima kasih kepada Dinas Sosial yang telah memberikan perhatian kepada karang taruna. Perhatian itu tidak hanya dalam bentuk pembinaan dan bimbingan saja, namun juga memberikan bantuan berupa sarana kesekretariatan untuk meningkatkan tata kelola dan tata usaha organisasi. “Bantuan ini sangat bermanfaat karena dalam waktu dekat Karang Taruna Provinsi Jabar akan melakukan pendataan karang taruna melalui system komputerisasi,” ungkap Raji.

Sedangkan salah seorang MPKT Kabupaten Cirebon, H. Diding Karyadi, mengatakan, sudah saat pemuda untuk mengambil peran yang lebih besar dalam pembangunan. “Sejarah mencatat, pemudalah yang mengisnpirasi serta memimpin bangsa ini. Kini saatnya pemuda dituntut untuk menjawab tantangan bangsa,” ujarnya. (Whaliq/CNC)