56 Anggota Karang Taruna Dibekali Keterampilan Perbengkelan

0
733

56 anggota krt

DUKUPUNTANG, (CNC).- Sebanyak 56 anggota yang beradal dari 28 Karang Taruna mendapatkan pembekalan kewirausahan dari Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cirebon di Desa Sindang Jawa, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, Jumat (6/9).

Dari jumlah tersebut meliputi 28 desa yang tersebar di Kabupaten Cirebon meliputi Desa Sinarancang, Mundu Mesigit, Mundu Pesisir, Pamengkang, Bobos, Dukupuntang, Balad, Penpen, Bandengan, Banjarwangunan, Waruduwur, Citemu, Luwung, Suci, Setupatok, Cangkoak, Kepunduan, Sindang Jawa, Sindang Mekar, Bojong Lor, Wangunharja, Sitiwinangun, Orimalang, Bakung Lor, Asem, Kroya, Jatianom dan Desa Jatipura.

“Alokasi kegiatan ini dari anggaran Dinas Sosial Kabuapten Cirebon dengan jumlah peserta meliputi 28 desa dengan per desa 2 orang se-Kabaupaten Cirebon,” Kata salah satu staf Bidang Pengembangan Potensi Partisipasi Sosial (P3SM) pada Dinas Sosial Kabupaten Cirebon, Abdul Rouf, di lokasi kegiatan, Jumat (6/9).

Kegiatan ini bertujuan agar warga karang taruna memiliki keahlian dalam bidang usaha ekonomi produktif (UEP) sehingga nantinya setelah mendapatkan keilmuan dalam bidang perbengkalan ini menjadi pemuda yang mandiri dan berdikari.

Kegiatan ini rencanya akan berlangsung hingga tangal 19 September 2013 dan tempatnya di Desa Sindang Jawa. Dikataknya, sebelumnya Dinsos telah memberikan bantuan usaha produkti bagi 30 kelompok usaha ternak domba.

“Pihaknya bulan lalu telah memberikan pelatihan kepada 30 kelompok usaha peternakan dan hasilnya lumayan bagus, dan untuk saat ini pihaknya memberikan alat bengkel untuk dipergunakan nantinya,” katanya.

Menurut salah satu peserta dari Desa Sindang Mekar, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, Amaludin Ramsajani (30 tahun) mengatakan ia bersama rekanya sangat bersyukur bisa mengikuti pelatihan yang diselanggarakan oleh Dinas Sosial ini.

Ia berharap dengan banyaknya perhatian pemerintah kepada warga Karang Taruna bisa mengurangi pengaguran dan kenakalan remaja disetiap desa. Saat ini banyak terjadi kenakalan akibat banyaknya pengangguran di setiap desa maupun kelurahan.

“Saya sangat bersyukur bisa mengikuti kegiatan ini, mudah-mudahan pembekalan dari BLK Plumbon bisa saya gunakan nanti dalam menjalankan usaha perbengkelan,”katanya.

Namun ia juga meminta untuk selalu adanya monitoring dari Karang Taruna tingkat Kecamatan Maupun Kabupaten agar bisa kelihatan mana yang berjalan dan mana yang tidak berjalan.

Senada dengan hal tersebut, Ketua Karang Taruna Kabupaten Cirebon, Raji Supriyadi sangat mengapresiasi kegiatan ini dalam rangka meningkatkan peran serta karang taruna dalam pembangunan kesejahteraan social di Kab. Cirebon. (Enon/CNC)