Dangi Minta Pengurus KT Ikuti Musrenbang

0
186

SUMBER.- Ketua Karang Taruna Kabupaten Cirebon, Dangi meminta kepada anggota dan pengurus Karang Taruna baik di tingkat desa hingga tingkat kabupaten untuk terlibat langsung dalam pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang).

Musrenbang menurut Dangi, menjadi arena rembug berbagai pemangku kepentingan untuk menyusun prioritas program dan kegiatan pembangunan. “Forum Musrembang ini sangat strategis untuk menentukan garapan pembangunan yang menjadi kebutuhan masyarakat. Maka saya meminta seluruh Karang Taruna baik di tingkat desa dan kecamatan wajib untuk hadir dalam forum tersebut,” ujar Dangi saat ditemui, Minggu (15/1).

Dikatakan Dangi, Karang Taruna harus mengusulkan dan mengawal program dan kegiatan agar bisa bermanfaat bagi masyarakat, khususnya warga Karang Taruna yang ada di tingkat desanya masing-masing. Sehingga kedepan, warga Karang Taruna bisa lebih baik dan keberadaannya dapat dirasakan oleh masyarakat luas.

“Silakan silaturhim dan komunikasikan kegiatan Musrenbang ini dengan pihak pemerintah desa, BPD, LPM dan tokoh masyarakat lainnya yang ada di desanya masing-masing, tentunya dengan mengedepankan komunikasi yang santun, baik, dan rasional. Mari kita bantu pemerintah desa dengan cara-cara yang produktif dan inovatif untuk mewujudkan pembangunan desa yang tepat sasaran dan dapat bermanfaat bagi masyarakat sehingga nantinya dapat meningkatkan kesejahtraan masyarakat desa itu sendiri,” katanya.

Dangi juga mengatakan, Karang Taruna di tingkat desa dan kecamatan hendaknya memiliki data dan informasi yang valid dan bisa dipertanggung jawabkan berkaitan dengan dinamika masyarakat sekarang ini. “Dan untuk teman-teman Karang Taruna yang ada di tingkat kecamatan, kami meminta untuk mengkoordinasi dan memfasilitasi usulan yang bersifat lintas desa,” tandasnya.

Ditambahkan Dangi, pengurus Karang Taruna harus bisa meakukan identifikasi dan penggalian sumber daya keagamaan, sosial, ekonomi, dan infrastruktur unggulan untuk kebaikan dan kemajuan masyarakat. (Adk/CNC)