Karang Taruna Andeskar Ajak Masyarakat Hidup Sehat dengan Donor Darah

0
517

DEPOK.- Karang Taruna Andeskar Desa Karangwangi, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon mengajak masyarakat hidup sehat dengan rutin melakukan donor darah.

Kegiatan donor darah memang menjadi salah satu agenda rutin yang banyak dilakukan lembaga desa dalam tiga bulan sekali. Kegiatan sosial tersebut memang sangat penting dilakukan mengingat kebutuhan kantong darah untuk masyarakat Kabupaten Cirebon butuhkan sangatlah banyak yakni tiga ribu kantong darah dalam setiap bulanya.

Melihat hal tersebut, Pemerintah Desa (Pemdes) Karangwangi melaui lembaga Karang Taruna Andeskar, rutin melakukan donor darah dalam setiap tinga bulan sekali, dengan mengajak banyak masyarakat desa untuk mengikuti kegiatan itu.

“Memang untuk kegiatan donor darah sendri sudah menjadi agenda rutin kami, sebagai bentuk kepedulian karang taruna desa dengan permasalahan sosial yang ada di Kabupaten Cirebon kususnya,” kata Nurhalimah Citra ketua kegiatan donor darah di Desa Karangwangi.

Dikatakan Nurhalimah kegiatan donor darah ini sangatlah penting, banyak manfaat yang didapatkan dari kegiatan tersebut, selian untuk membantu sesama masyarakat yang tentunya membutuhkan pertolongan, dengan donor darah secara rutin juga sangatlah baik untuk kesehatan pendonor itu sendri. Oleh karenanya lanjut dia pihak karang taruna mengajak anggota karang taruna kususnya, masyarakat desa pada umumnya untuk ikut dalam kegiatan rutinan ini.

“Untuk perangkat desa dan juga anggota karang taruna tentu selalu ikut partisipasi dalam donor ini, masyarakat juga sebagian ada yang sudah memiliki kesadaran dan ikut,” jelas Nurhalimah.

Selian itu, Kuwu Karangwangi, H Kaeron juga mengatakan, pihak desa sangat bangga terhadap apa yang sudah dilakukan pihak karang taruna yang mau menggelar kegiatan donor darah untuk membantu masyarakat Kabupaten Cirebon, apalagi kata dia ini sudah menjadi agenda rutin dari karang taruana itu sendri. Sebuah kebanggan tentu diberikan kepada pihak karang taruna, Kaeron juga berharap kegiatan sosial ini terus dipertahankan, bila pelu gelar kegiatan lainya yang bersifat sosial untuk masyarakat.

“Pemerintah Desa sendri tentu sangat mendukung semua kegiatan lembaga desa baik karang taruna, kader PKK dan lembaga yang lainya, apa lagi kegiatan tersebut banyak memberikan manfaat bagi banyak orang, seperti donor darah ini contohnya,” kata Kaeron. (Adk/CNC)