Karang Taruna Jabar Kunjungi Bali

0
930

kr bali

BALI, (CNC).- Pengurus Karang Taruna Provinsi Jawa Barat selama tiga hari dari Sabtu hingga Senin (31/8-2/9) melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Bali. Selain diikuti pengurus juga turut dalam rombongan pejabat dari Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) dan BPMPD Provinsi Jawa Barat.

Di hari pertama kunjungan, rombongan yang dipimpin Ketua Karang Taruna Provinsi Jawa Barat, Budi Setiawan, begitu tiba di Bali, Sabtu (31/8), pukul 14.00 WITA langsung mengunjungi Karang Taruna berprestasi tingkat nasional yakni Karang Taruna Widya Dharma Bhakti Kelurahan Kapal Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung. Turut mendampingi rombongan, Ketua Karang Taruna Provinsi Bali.

Selain melakukan pertemuan dan menggali pengalaman dari pengurus Widya Dharma Bhakti Kelurahan Kapal, rombongan juga diajak mengunjungi salah satu sentra usaha ekonomi produktif (UEP).

Dalam penjelasan Ketua Karang Taruna Widya Dharma Bakti Kel. Kapal, I Nyoman Adiyanto mengatakan bahwa Karang Taruna yang berjumlah 5031 anggota tersebut merupakan gabungan dari 17 seke teruna yang tersebar di seluruh lingkungan Kel. Kapal. “Karang Taruna Widya Dharma Bhakti akan terus berusaha untuk menjadi suatu wadah organisasi yang berprestasi dengan cara mengembangkan dan menjalankan semua kegiatan yang ada pada masing-masing bidang dan bisa menggali potensi yang ada di Desa/Kel. Kapal,” ujarnya.

Dijelaskan pula, di Kelurahan Kapal, hampir sebagian besar pemudanya tidak menganggur. “Ada 130 UEP dan 6 kelompok usaha bersama (KUBE) dengan berbagai ragam jenis usaha yang menjadi dampingan karang taruna,” jelasnya.

Pihaknya pun sangat senang dan menyambut sangat baik kunjungan pengurus KT Jabar dan menjadi pengalaman untuk memperbaiki dan meningkatkan kuantitas maupun kualitas pelayanan maupun program.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Provinsi Jabar, Budi Setiawan mengatakan tujuan kegiatan kunjungan kerja ke Bali adalah untuk melakukan studi banding tentang kemandirian karang taruna seperti di Kel. Kapal. “Selain berkunjung ke karang taruna mandiri dan berprestasi, kami akan mengunjungi Desa Pengotan dan Desa Panglipuran,” ungkapnya. (Whaliq/CNC)