Karang Taruna Pegagan Lor Nanggap Sandiwara

0
705

sandiwara-ht

KAPETAKAN, (CNC).- Dalam rangka ngunjung buyut, pengurus Karang Taruna Serayu Yoga Shakti Desa Pegagan Lor Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon menggelar pentas masres/sandiwara di halaman balai desa setempat semalam suntuk, Selasa (5/11).

Turut menyaksikan pagelaran budaya sandiwara “Jaya Utama” asal Desa Sambeng Kecamatan Gunungjati, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Cirebon, H. Asdullah SA, Ketua Karang Taruna Kabupaten Cirebon, Raji Supriyadi beserta sekeratris, Dangi, Ibu Kuwu Desa Pegagan Lor, Hj. Ii Fariyani.

Menurut Ketua Karang Taruna Serayu Yoga Shakti, A. Ridho Carwisa, acara ini selain sebagai bentuk kreatifitas remaja dan pemuda di desanya, juga karang taruna turut serta dalam pelestarian kesenian khas Cirebon yakni masres serta budaya masyarakat seperti tradisi ngunjung buyut yang berlangsung rutin tiap tahun. “Alhamdulillah berkat dukungan Ibu Kuwu serta warga masyarakat acara ini dapat terwujud,” ujarnya.

Rido juga menjelaskan, sebelum pagelaran sandiwara semalam suntuk, pihaknya menampilkan tari-tarian baik tradisional maupun modern hasil dari pembinaan sanggar yang dikelola karang taruna di desanya.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Cirebon, Raji Supriyadi memberikan dukungan dan apresiasi, karena salah satu cirri karang taruna adalah mengembangkan kesenian. “Kami menyambut baik kegiatan semacam ini untuk menumbuhkan kreatifitas para remaja dan pemuda di desa sebagai bentuk pencegahan terhadap hal-hal negatif,” ujar Raji. (Whaliq/CNC)