Karang Taruna Sukses Gelar Jambore Anak

0
648

jambore-anak

DUKUPUNTANG, (CNC).- Pengurus Karang Taruna Kabupaten Cirebon bersama Karang Taruna Provinsi Jawa Barat sukses menggelar Jambore Anak dan Pengasuhan, di Wisata Alam Bumi Pancasila Carawentang Desa Cisaat Kecamatan Dukupuntang Kab. Cirebon, Sabtu (9/11).

Pembukaan Jambore Anak dengan tema “Semua Anak adalah Bintang” itu dihadiri Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cirebon, H. Dadang Tresnayadi, dan perwakilan dari Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cirebon, perwakilan dan PT MAP, Yulli Purwanti dan perwakilan Bank Mandiri, Hamzah.

Menurut Ketua Karang Taruna Kabupaten Cirebon, Raji Supriyadi, kegiatan ini diikuti oleh 200 anak usia 11 hingga 15 tahun berasal dari 10 sekolah dari wilayah Kecamatan Dukupuntang, Depok, dan Weru. Acara ini didukung sepenuhnya oleh PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP) Jakarta dan Bank Mandiri. Kegiatan ini digelar bertepatan dengan rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan Nasional. “Dalam kegiatan yang berfokus pada pendidikan ini, MAP dan Bank Mandiri bekerja sama dengan Karang Taruna,” tutur Raji.

Menurut dia, pembentukan karakter pada anak-anak merupakan fokus dari kegiatan yang diikuti dari 200 anak dan 150 orang tua.

“Kegiatan ini dipadukan dengan sesi pengayaan pengasuhan (parenting) bagi para orang tua tentang pentingnya membentuk dan mengembangkan karakter putra-putri mereka,” tuturnya.

Dari pantauan “CNC” di lokasi kegiatan, ratusan anak sangat antusias dan senang dengan digelarnya jamboree anak yang baru pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Cirebon ini.

Tidak hanya mendapatkan teman baru, ratusan anak yang dikirim dari beberapa sekolah ini juga dibekali beberapa ilmu tentang pendidikan karakter, yang mana ilmu ini juga sangat bermanfaat bagi kehidupan mereka nantinya.

Andin (14 tahun) salah satu peserta yang berhasil ditemui “CNC” mengatakan, dirinya merasa bersukur bisa mengikuti jambore anak ini, banyak pengalaman dan ilmu berahga yang didapat untuk masa depan.

“Mungkin orang melihat ini hanya main-main saja, tapi yang saya rasakan, saya dapat banyak ilmu yang bermanfaat disini, terima kasih Karang Taruna,” ujarnya.

Andini juga berharap, kegiatan semacam ini agar terus dipertahankan, dan juga ditingkatkan, baik segi kualitas maupun kuantitasnya. “Kalau acaranya sering, kita bisa banyak nambah teman,” katanya. (Adk/CNC)