KT Bersama PSM dan Tagana Ikuti Rakor Penyuluhan Kepedulian Sosial

0
510

kt-1SUMBER.- Dalam meningkatkan penangganan permasalahan kesejahteraan sosial di Kabupaten Cirebon, Pemerintah Kabupaten Cirebon, menggelar Rapat Koordinasi Fasilitasi Penyuluhan Kepedulian Sosial Tingkat Kabupaten Cirebon Tahun 2015 yang diikuti ratusan tenaga relawan, dari Karang Taruna, Pekerja Sosial, Tagana dan lainya yang berlangsung di gedung NU Center,Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Rabu (22/10).

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Cirebon, Dadang Tresnayadi disela kegiatannya mengatakan guna memperdayakan potensi yang ada maka diperlukan penyuluhan sosial yang komprehensif dan intensif yang menjadi gerak awal dan gerak dasar dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

“Melalui penyuluhan sosial diharapkan warga dapat menyadari bahwa mereka memiliki potensi untuk mengatasi masalahnya dengan kemampuannya sendiri. Nantinya mereka yang telah dibekali dalam penyuluhan ini diharapkan dapat menginformasikan kepada masyarakat di amsing-maisng wilayah,”kata Dadang.

Tujuan sendiri, menurut Dadang, dapat membangun sikap dan perilaku yang tidak lagi menerima realita sebagai suatu nasib. Melainkan sebagai suatu tantangan yang harus dihadapi dan dijawab dengan sikap yang bersungguh-sungguh. Sehingga, bisa mengubah realita menjadi harapan yangdi wujudkan dengan bekerja secara sungguh-sungguh.

‚ÄúDengan kata lain penyuluh sosial diharapkan dapat menciptakan masyarakat yang peduli, berbagi dan produktif, terlebih mereka bekerja secara sukarela,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra menambahkan, penyuluhan sosial bagi relawan ini merupakan orang pilihan yang peduli terhadap masyarakat Kabupaten Cirebon. Sehingga, tugas sosialisai diperuntukan mengandung konsekuensi sebagai pekerja sosial.

“Keberhasilan mereka dalam melaksanakan penyuluhan sosial dimasyarakat sangat dipengaruhi oleh tingkat profesionalitas tenaga penyuluh. Sehingga,tingkat pengetahuan yang tinggi dibidang pembangunan kesejahteraan sosial, memiliki kode etik sebagai seorang tenaga penyuluh sosial memiliki keterampilan dibidang pratek pekerjaan sosial dan penyuluh sosial terampil,” kata Bupati.

Dia menambahkan, mereka harus mampu dan sadar tentang apa yang dilakukannya yang tanpa pamrih dan tanpa hal lain. Tujuannya adalah kemanusiaan dan untuk pembangunan masyarakat yang ada di Kabupaten Cirebon. (Enon/CNC)