Kegiatan Karang Taruna di Kecamatan Sumber Diharapkan Harus Lebih Baik

0
1424

karang tarunaSUMBER.- Sebagai wilayah penopang Pemerintah Kabupaten Cirebon, Kecamatan Sumber harus lebih baik dibanding kecamatan lainnya, termasuk di antaranya kegiatan kepemudaan khususnya organisasi social kemasyarakatan Karang Taruna.

Hal tersebut diutarakan Camat Sumber, Carsono usai acara Temu Karya Karang Taruna (TKKT) tingkat Kecamatan Sumber tahun 2016 di aula kantor Kecamatan Sumber, Sabtu (23/1).

“Kegiatan organisasi kepemudaan khususnya Karang Taruna Kecamatan Sumber harus lebih baik disbanding dengan kecamatan lainnya. Kecamatan Sumber posisinya sebagai kecamatan penopang ibu kota pemerintahan Kabupaten Cirebon,” kata camat yang akrab disapa Acong.

Dikatakannya, banyak yang harus dilakukan pemuda untuk kemajuan daerahnya, seperti halnya mengurangi angka pengangguran yang ada di Kecamatan Sumber dengan menggandeng dinas terkait untuk memberikan pelatihan-pelatihan agar pemuda lebih mandiri.

“Pengurus Karang Taruna Kecamatan Sumber bisa bekerjasama dengan Dinas Sosial Kabupaten Cirebon sebagai leading sktornya dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi untuk memberikan pelatihan-pelatihan agar pemuda di Kecamatan Sumber lebih mandiri,” ujarnya.

Meskipun, lanjut Acong sebagai pengurus Karang Taruna kecamatan tidak mempunyai penghasilan, tetapi mereka (pengurus) harus kreatif mencari sumber-sumber dana untuk kegiatan organisasinya.

“Di Kecamatan Sumber banyak peluang yang dapat dijadikan sumber dana, pengurus KT harus menggali sumber dana untuk kegiatan organisasi,” tambahnya.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Karang Taruna Kabupaten Cirebon, Raji Supriyadi, di wilayah Kecamatan Sumber banyak kegiatan yang dapat dijadikan sumber pendanaan, sekaligus membantu pemerintah daerah dalam mengurangi jumlah angka pengangguran.

“Penataan lahan parkir, selain menjadi sumber pendanaan sekaligus membantu pemerintah daerah dan masyarakat dalam hal kenyamanan dan keamanan,” ungkap Raji.

Selain itu, kata Raji, sebagai relawan, pengurus KT harus membantu pemerintah kecamatan maupun kabupaten terkait ketersediaan data Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) maupun Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS).

Sementara itu, dalam kegiatan TKKT terpilih Heriyanto sebagai Ketua Karang Taruna Kecamatan Sumber periode 2016-2021 menggantikan Iin Masruchin yang sudah habis masa baktinya 2013 lalu. (Bagja/CNC)